Sabtu, 18 Januari 2014

Perawatan (Maintenance) System Windows XP

Perawatan (Maintenance) System Windows XP



1. Cara Install Windows XP pada harddisk SATA dengan bantuan nlite Jika komputer (pc/laptop) anda menggunakan harddisk type SATA dan memilih untuk menginstal Operating System Windows XP, kemungkinan pada saat anda menginstall windows XP belum bisa mengenali Harddisk SATA tersebut, tetapi hardisk anda dapat dikenali oleh bios, jika hal ini terjadi maka anda harus menginjeksikan driver sata komputer anda ke dalam file windows installer. Biasanya file driver sata sudah ada dalam cd driver notebook/mainboard yang anda peroleh pada saat anda membeli komputer.(jika cd ini tidak ada mintalah ke penjual komputer anda).

2. Cara mempercepat proses start up windows Terkadang di komputer kita terdapat program atau service yang berjalan secara otomatis. Namun tidak semua program tersebut dibutuhkan saat itu. Program tsb dapat sementara dinonaktifkan agar tidak terlalu membebani windows. Sehingga komputer kita dapat bekerja lebih cepat.

3. Cara menambah virtual memory komputer anda Salahsatu fasilitas yang disediakan oleh windows adalah virtual memory. Virtual memory merupakan memori cadangan yang diatur oleh windows dengan mengalokasikan sebagian ruang hardisk yang dapat digunakan (berfungsi) sebagai memory jika memory fisik (ddr ram) komputer anda penuh. Virtual memory ini sangat membantu dalam menunjang kinerja windows anda. Anda dapat melakukan setting virtual memory windows di komputer anda. berikut adalah cara mengatur (setting) virtual memory windows.

4. Menggunakan disk defragmenter untuk mengatur file di hardisk Disk defragmenter merupakan salah satu tools bawaan windows, anda dapat menggunakannya untuk mengatur file-file di hardisk anda. Biasanya file-file dihardisk kita tidak beraturan mungkin karena pengaruh sering instal program, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), mengcopy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktifitas managemen file lainnya. Oleh karena file tersebut jika diandaikan lembaran-lembaran kertas, maka sebagian merupakan lembar kuitansi, lembar catatan harian dan lembaran lain jika tidak diatur akan berserakan di dalam lemari atau meja anda. Maka supaya mudah anda mendapatkan file tersebut ada baiknya dimasukkan ke dalam map(folder), sehingga jika anda mencari file kuitansi hanya perlu mengambil map kuitansi saja, tidak perlu mengganggu map yang lainnya. Demikian pula windows akan mengatur file sistem, file aplikasi, dan file data ke dalam lokasi-lokasi tertentu di dalam hardisk sehingga memudahkan windows mencari file-file yang dibutuhkan.

5. Menggunakan disk cleanup untuk membersihkan file temporer windows File temporer merupakan file yang dibuat oleh windows atau aplikasi lainnya dan disimpan secara sementara di dalam hardisk. File ini biasanya digunakan oleh suatu aplikasi pada saat sedang berjalan, tetapi pada saat aplikasi tersebut ditutup, file temporer yang seharusnya dibuang secara otomatis ternyata tidak semuanya terbuang (terhapus), mungkin karena pengaruh bug (kesalahan) program atau tidak kompatibelnya aplikasi tersebut dengan windows. Jika file ini tidak dihapus maka semakin lama jika menjalankan aplikasi akan bertambah file temporernya, sehingga bisa membebani hardisk dan windows anda. Aplikasi bawaan windows untuk menghapus file tersebut adalah Disk cleanup. Berikut tutorial menggunakan disc cleanup.

6. Cara backup dan restore registry windows Berikut ini adalah cara melakukan backup dan restore registry A. untuk membackup registry lakukan langkah berikut 1. Pada start menu pilih Run ketik regedit 2. Pada kotak dialog registry editor, pilih file => export

7. Memanfaatkan PowerToys TweakUI for Windows untuk tweak windows PowerToys TweakUI for Windows adalah merupakan salahsatu tools (utility) yang disedikan oleh Microsoft untuk melakukan pengubahan pengaturan dari beberapa settingan standar aplikasi windows. Aplikasi TweakUI ini berukuran 224 Kb (lumayan kecil),penggunaannya sangat mudah, karena tampilan GUI sangat sederhana. lihat gambar di bawah Untuk mendownloadnya bisalangsung download ke situs Microsoft http://download.microsoft.com/download/f/c/a/fca6767b-9ed9-45a6-b352-839afb2a2679/TweakUiPowertoySetup.exe Jika link di atas tidak berfungsi, bisa gunakan link berikut, http://www.microsoft.com/windowsxp/downloads/powertoys/default.mspx (pada halaman yang muncul cari tulisan TweakUI.exe)

8. Menonaktifkan (disable) autorun /autoplay CD /DVD Windows secara default mengaktifkan autorun (autoplay) CD. Anda dapat membuat settingan ini menjadi tidak aktif. Kegunaan yang anda peroleh jika menonaktifkan fitur ini adalah: 1. Mengurangi alokasi memory untuk penanganan fitur autoplay CD, sehingga windows dapat memanfaatkan alokasi memory tersebut untuk aplikasi/fitur lain, jadi secara tidak langsung anda mengurangi beban kerja windows. 2. dapat membantu mencegah komputer anda terinfeksi oleh virus yang bersifat autorun yang terdapat dalam CD

9. Cara uninstal / remove program (aplikasi) di windows Untuk melakukan unistall (menghapus) sebuah aplikasi yang telah terinstal di komputer anda, maka salah satu jalan adalah mencari shorcut uninstallnya, biasanya ada di dalam grup folder shorcut di start menu. Misalkan kita akan menghapus aplikasi Antivirus AVG, maka bisa langsung ke startmenu kemudian cari folder shorcut AVG klik yang ada tulisan Uninstall .... otomatis AVG akan terhapus dari komputer...

10. Cara mengubah (mengganti) nama registrasi pemilik (Owner ) komputer ... Mungkin anda pernah meminta tolong ke orang lain untuk menginstal windows di komputer anda. Atau anda salah memasukkan nama pada saat menginstal Windows.Cara mudah untuk melihat nama pemilik komputer yang terdaftar di windows adalah dengan melihat system properties Klik tombol bendera + Pause Break atau Start => Setting => Control Panel => System Dari gambar telihat bahwa: a. nama pemilik (owner) : GEO (bisa diganti sesuai nama anda) b. nama organisasi : FISIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar